Home Tips dan Trik Trik Mainkan Rem Tangan saat Rem Blong

Trik Mainkan Rem Tangan saat Rem Blong

Guna mengantisipasi saat terjadi rem blong ketika kendaraan sedang melaju, perlu langkah-langkah tertentu agar meminimalkan risiko terburuknya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sikap yang tenang dan tidak panik agar cara-cara antisipasi yang sudah diketahui bisa diterapkan dengan baik, sehingga rasa percaya diri akan muncul dan yakin bahwa apa yang dilakukan dapat menyelesaikan masalah dengan benar.

Hal pertama yang mesti dilakukan, injak dan lepas secara berulang pedal rem untuk dapatkan momentum di mana sistem rem kemungkinan dapat bekerja normal kembali, sambil arahkan kendaraan ke arah jalur lambat atau sisi kiri jalan untuk mendapatkan pemberhentian yang aman.

Secara bersamaan berikan informasi pula pada pengendara lain dengan menyalakan lampu hazard dan klakson agar pengendara lain dapat mengerti bahwa kendaraan kita sedang mengalami masalah, sehingga mereka lebih rela untuk memberikan jalan.

Sponsor

Jika poin di atas tak berhasil, pindahkan gigi ke yang lebih rendah secara bertahap agar mendapatkan pengereman dari mesin sehingga terjadi perlambatan kendaraan (engine break). Saat kecepatan mobil sudah lumayan berkurang, tarik rem tangan sesuai dengan kebutuhan pengereman. Jika memerlukan pengereman lebih cepat, tarik rem tangan dengan kuat. Rem tangan ini sangat membantu pengereman yang sudah dilakukan dengan menurunkan gigi secara bertahap. Namun perlu dicatat, lakukan ini apabila mobil tidak mengalami efek pengereman seperti drifting.

Jika di atas juga tak berhasil dan tidak didukung kondisi lalu lintas sekitar, pilihan terakhir adalah dengan memberhentikan mobil secara darurat dengan menabrakkan mobil pada benda-benda yang lunak atau minim risiko tinggi. Misalnya gundukan pasir, gundukan tanah, pagar kayu dan lain sebagainya.

Sumber : Various sources

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler