Home Tips dan Trik Tips & Trik Bikin Datsun Lebih Sporty & Elegan

Tips & Trik Bikin Datsun Lebih Sporty & Elegan

Jakarta – Apapun mobilnya, pasti ada pemiliknya yang gatal ingin mendadani atau memodifikasi agar tampilan mobil lebih ciamik. Tapi ingat, jangan asal modif sebab modifikasi itu memiliki etika dan estetika dalam pengaplikasiannya. “Termasuk dalam memodifikasi Datsun,” sahut Gatut Satrio, dedengkot Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI).

Seperti diketahui Datsun bermain di kelas mobil LCGC atau Low Cost Green Car. Dan mobil LCGC itu punya pembeda dengan mobil lainnya yaitu mobil yang irit atau efisien bahan bakar. “Dari ketentuan tersebut saja, cara memodifikasi mobil kita pun harus tidak menghilangkan sisi efisiensi mobil Datsun tersebut,” lanjut Gatut yang sehari-hari berkutat di media modifikasi.

Datsun memiliki dua (2) varian model, yaitu Datsun GO+ yang diperuntukkan bagi keluarga dikarenakan kapasitas kabin dengan 5+2 seat atau tiga (3) row seat dan Datsun GO hatchback yang sepertinya cocok bagi anak muda.

Sponsor

EKSTERIOR

Dari sisi eksterior, Datsun GO+ dan Datsun GO keluaran pabrikan bentuknya sudah mumpuni. “Jadi tak banyak yang mengutak-atik bodinya,” lanjut Gatut. Banyak para pengguna yang sudah mendandani tampilan di sektor lampu depan (Head Lamp) seperti menambahkan reflektor, neon flexi, angle eye, dan HID.

DRL (Day time Running Light) pun sering disematkan, baik di bagian gril atau di daerah bumper untuk menambah kesan manis dan modern. Sedang bagian Fog Lamp, biasanya para pemaka Datsun menyematkan untuk menambah kesan elegan, baik produk keluaran OEM ataupun aftermarket.

KAKI-KAKI

Untuk sektor kaki – kaki, biasanya terjadi penggantian per. Baik menggantinya dengan produk lowering kit pabrikan OEM, aftermarket ataupun custom. “Tapi perlu diperhatikan bahwa penggantian per harus tanpa menghilangkan sisi kenyamanan, karena suspensi salah satu faktor kenyamanan pengendara dan penumpang mobil tersebut.”

Sementara untuk velg, karena velg bawaan Datsun hanya velg kaleng ukuran ring 13 inci, biasanya para pengguna menggantinya dengan velg keluaran OEM, aftermarket ataupun menggunakan velg Nissan March karena PCD dan ukuran Center Bore-nya pas dan sesuai dengan Datsun.

“Tapi perlu dicermati, saat penggantian velg kita harus memahami karakter mobil dan harus disesuaikan dengan karakter dan alur modifikasi yang akan kita lakukan. Ada velg Racing, Elegan, dan juga Rally Look. PCD yang Datsun miliki adalah 4 x 100, sehingga disarankan penggantian velg di ukuran tersebut. Sebab velg mengambil peranan sebagai penentu efisiensi atau tidak,” tegas Gatut.

INTERIOR

Kita bergerak ke bagian interior. Banyak yang sudah melapisi joknya dengan cover sythetic leather ataupun juga melapisinya secara permanen dengan bahan synthetic leather. Sering juga ditemui ada yang menggunakan warna–warna cerah, warna netral, bahkan sering kita dapati joknya menggunakan pelapis dengan aksen–aksen tertentu, seperti menyematkan ornamen busa tambahan dan juga kancing. Sehingga terkesan elegan dan mewah.

Karena Datsun tidak menyematkan peredam pada bodi dalam, banyak pengguna menambahkan peredam dengan bahan aspal lembaran untuk bagian bodi bawah (floor) dan samping. Sedang untuk atap biasanya menggunakan peredam dengan bentuk busa yang ditempekan pada langit–langit kabin. Dengan begitu kabin lebih nyaman kedap suara.

Selamat memodifikasi!

Sumber : http://www.otomotifmagz.com/tips-trik-bikin-datsun-lebih-sporty-elegan/

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler