HomeTips dan TrikTips Tingkatkan Kesenyapan Datsun

Tips Tingkatkan Kesenyapan Datsun

Pemasangan peredam pada salah satu unit kendaraan anggota DGCI.

Dari faktor kenyamanan kabin, tingkat kesenyapkan kabin Datsun GO/GO+ tidak terlalu maksimal. Terlebih saat berkendara di atas kecepatan 60 kpj. Hal ini bisa dimaklumi karena penggunaan material interior yang di bawah standar mobil biasa.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah tingkat kesenyapan kabin. Paling umum dilakukan adalah menambah peredam di beberapa bagian kabin, guna meminimalisasikan suara dari luar.

“Paling ada efeknya adalah dengan menambahkan peredam. Umumnya ada empat bagian yang dapat dilapisi peredam, interior, plafon, under carriage dan firewall,” ucap Subhan Azka Ketua Bidang Teknik Nasional komunitas Datsun GO+ Community Indonesia (DGCI).

Sponsor

Bahan peredam yang biasa digunakan berupa butyl rubber dengan ketebalan mulai dari 2 mm sampai dengan 3 mm per lembar. Nah, untuk tiap bagian ketebalan membutuhkan lembaran peredam berbeda-beda.

Pada bagian kesatu yaitu interior dan tiap pintu, kurang lebih membutuhkan 45 lembar. Di bagian kedua atau atap (plafon) sekitar 8 lembar. Lanjut kebagian ketiga yaitu bagian bawah dan under carriage, penggunan lapisan bisa mencapai 12 lembar. Sedangkan bagian akhir yaitu firewall belakang dashboard kurang lebih 10 lembar.

Pemasangan karet pintu. Foto pencarian google.

“Untuk lebih memaksimalkannya lagi, setelah memasang peredam ada baiknya diikuti dengan mengganti karet-karet pintu dengan bahan yang kenyal atau padat supaya pintu tertutup rapat,” tambah Subhan.(UC)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler