Home Modifikasi Pilih Double Din TV, Headrest TV, Plafon TV atau Spion TV ?

Pilih Double Din TV, Headrest TV, Plafon TV atau Spion TV ?

Saat ini car entertainment berkembang dengan sangat pesat, terutama untuk mobil-mobil keluaran premium yang sudah langsung menyertakan car entertainment keluaran wahid dengan audio dan video dengan brand yang mumpuni. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi installer dan audio video modifikasi untuk menawarkan hal yang beda buat pemilik mobil yang belum ada spesifikasi untuk car entertainment tersebut.

Car entertainment bawaan mobil medium hingga low rata-rata hanya menyertakan head unit yang Single Din atau Double Din yang hanya bisa digunakan untuk memutar musik melalui USB, CD, dan Auxillary. Sedangkan jika kita ingin menggunakannya untuk melihat film dan tivi perlu head unit yang memang memiliki fungsi seperti itu. Disini kita akan melakukan riset mengenai pilihan pemasangan display audio video dengan 3 type display seperti plafon tv, spion tv, headrest tv, dan double din.

Pada dasarnya dari keempat type yang disebutkan tadi adalah sama-sama display module untuk menampilkan gambar. Hanya dari ke-4 type tadi pada akhirnya terbagi menjadi 2 type yaitu :

 

Sponsor

A. Type 1

Yaitu display untuk penumpang dan driver. Type ini diwakili oleh double din head unit dan spion tv.

01
Kamera Parkir dengan spion TV AVX diamater 7 inch.

Keuntungan display ini adalah multi fungsi display yaitu bisa digunakan untuk display video, display tv dan juga display rear parkir.

Kerugiannya display ini adalah bisa mengganggu konsentrasi driver dikarenakan pancaran cahaya dari display atau driver ikut menikmati display video saat sedang berkendara, tentunya ini akan menjadi bahaya. Dan untuk spion tv tentu akan menggangu driver saat ingin melihat kondisi belakang saat audio video dioperasikan.

02
Double Din Head Unit

Sudah banyak produk double din after market yang saat ini digunakan dan diaplikasikan seperti

  1. Kenwood DDX 316 dengan spesifikasi bisa dilihat. Head Unit Kenwood DDX 316 tadi tentunya sudah bisa disambung dengan Rear Camera Parkir yang sangat bermanfaat bagi driver. Dan bisa connect dengan audio steering wheel remote.
  2. Pioneer AVH-X2850BT dengan spesifikasi detail bisa dilihat disini. Head Unit Pioneer seri ini sudah dilengkapi dengan fiture Bluetooth A2DP sehingga bisa telpon atau terima panggilan dari HU. Juga fitur rear camera parking bisa sinkron ke Head Unit ini.

 

B. Type 2.

Yaitu display yang hanya difungsikan untuk penumpang saja. sehingga driver tidak bisa menikmati display audio video nya,,,hanya khusus buat penumpang. Type ini diwakili oleh Plafon TV dan Headrest TV.

03
Plafon TV di posisi depan (menggangu pandangan driver ke depan dan belakang)

04
Plafon tv di posisi spion tengah

05
Setting dan tes Plafon TV untuk siaran TV

06
Menggunakan plafon TV merk Hollywood 10 inch

Keuntungannya display  plafon tv ini adalah bisa sekaligus digunakan untuk lampu kabin, layar bisa lebih lebar, pandangan penumpang lebih leluasa. Sedangkan untuk headrest monitor adalah penumpang memiliki privasi masing-masing untuk hiburannya.

07
Headrest Mobilio

Kerugiannya display ini adalah untuk plafon TV tentu akan menggangu driver untuk melihat kondisi belakang dari spion tengah. Sedangkan untuk headrest monitor kerugiannya adalah saat seat penumpang depan diturunkan atau direbahkan tentunya akan menggangu kenikmatan dalam menonton audio video di kendaraan.

Semua aplikasi tentunya akan memberikan sisi positif dan negatif, akan tetapi hal yang paling utama adalah keselamatan seluruh penumpang menjadi yang nomer satu. Sehingga pilihlah car entertainment yang memberikan kenyamanan dan keamanan buat driver dalam berkendara, pun memberikan kenyamanan bagi para penumpang selama dalam perjalanan.

Selamat menyongsong holiday weekend akhir tahun ini, jangan lupa maksimalkan kendaraan anda dengan car entertainment yang lebih fungsional dan tentunya sesuai dengan budget di kantong kita masing-masing,,hehehe. Keep Safety Driving FIRST.

Ditulis oleh : Andhi Nurhasan – DGCI Depok (NIA 0164)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler