Home Tips dan Trik Minimal 3 Detik Sebelum Belok, Etika Lampu Sein

Minimal 3 Detik Sebelum Belok, Etika Lampu Sein

Foto : Pencarian google.

Melakukan manuver saat berada di jalan, berpindah jalur atau berbelok, memang lazim dilakukan oleh pengguna jalan. Sudah pasti sebelum melakukan manuver, pengemudi harus menghidupkan lampu sein pada kendaraannya.

Terus kapan sebaiknya kita menghidupkan lampu sein? “Apabila kita ingin berbelok atau mengubah arah sebaiknya memberi sinyal dengan menyalakan lampu sein tiga detik sebelum berbelok ke arah yang dituju,” ujar Ucok Charles Kairupan Ketua Umum komunitas Datsun GO+ Community Indonesia (DGCI).

Hal ini dilakukan agar orang yang ada di sekitar kita tahu bahwa kendaraan yang kita kendarai akan bermanuver. Sehingga pengendara yang ada di belakang bisa mengantisipasi dan/atau memberikan jalan.

Sponsor

Selain itu, alasan tiga detik ini juga terkait dengan kemampuan manusia berfikir. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa manusia membutuhkan waktu minimal tiga detik dari menerima informasi sampai berekasi.

“Pertama pengemudi pasti melihat, kemudian signal ini dikirim ke otak dan akan diolah untuk keputusan yang harus diambil. Jika harus melakukan pengereman, maka otak akan menyuruh kaki untuk mengerem. Ini memerlukan waktu minimal tiga detik,”.

Kemudian Ucok juga mengingatkan sebelum berbelok ada baiknya melihat juga kondisi di sekitar, khususnya ke belakang melalui kaca spion kiri dan/atau kanan. Jangan lupa kepala ikut juga menoleh untuk melihat titik blind spot spion.

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler