Home Berita Mau Modifikasi Mobil, Mending Beli Mobil Baru Atau Bekas?

Mau Modifikasi Mobil, Mending Beli Mobil Baru Atau Bekas?

Tren modifikasi mobil di Indonesia tak pernah surut. Maka tak aneh, banyak kontes modifikasi bermunculan bahkan sampai ke daerah lain di luar Jakarta. Apalagi komunitas mobil pun semakin banyak tumbuh.

Sebelum memulai modifikasi, tentunya harus punya dulu mobil yang dijadikan bahan ubahan. Masalahnya, memilih mobil apa yang mau dijadikan sebagai platform untuk dimodifikasi, bukan persoalan mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Arief Sutrisno, event & promotions Datsun Indonesia memberikan pandangannya.

“Pada dasarnya, selain menetapkan konsep dan tema modifikasi, platform atau dalam hal ini penggunaan mobil wajib jadi perhatian serius sebelum memulai modifikasi. Karena akan berpengaruh pada hasil akhir, juga biaya yang terpakai,” jelas Arief pada saat menjadi pembicara dalam acara Trending Workshop 2017 National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) di Solo (14/10).

Sponsor

Lebih lanjut, memakai mobil bekas sebagai bahan modifikasi pun kurang bergengsi. Apalagi kalau modelnya sudah ketinggalan zaman. “Kalau mobil bekas dijadikan bahan modifikasi, pertimbangkan juga soal sejarah kendaraan, lalu kebiasaan mengemudi pemilik sebelumnya. Bisa saja kondisinya sudah jauh dari prima, apalagi jarak tempuh mobil bekas rata-rata sudah tinggi. Dan kemungkinan besar membutuhkan dana tak sedikit untuk rekondisi,” lanjut Arief.

Arief menyarankan, lebih baik memilih mobil baru untuk dijadikan bahan modifikasi. “Dengan harga yang tak jauh dari mobil bekas, mobil-mobil Datsun bisa mereduksi biaya rekondisi yang memakan banyak dana dalam modifikasi. Tentunya modelnya tak ketinggalan dan pasti kondisinya prima karena mobil baru,” paparnya.

Menurutnya, kualitas mobil Datsun tak perlu diragukan lagi, sudah diakui para modifikator lokal dan tuner luar negeri. Salah satu yang pernah terlibat memodifikasi Datsun Go adalah Musa Tjahjono, head designer rumah modifikasi West Coast Custom dari Amerika Serikat. Ini membuktikan kualitas Datsun sebagai mobil dengan karakter kuat yang cocok untuk dimodifikasi.

Datsun memang gencar berkiprah di industri modifikasi Tanah Air sejak beberapa tahun lalu. Misalnya, Datsun Indonesia menyelenggarakan kontes modifikasi Datsun Xplore Your Style. Selain itu, Datsun juga kerap menggunakan jasa modifikator lokal dalam membuat varian spesial sebagai show car untuk ditampilkan dalam pameran mobil ataupun sebagai unit resmi yang dijual secara terbatas. (Rzk/Odi)

Sumber : https://www.oto.com/berita-mobil/mau-modifikasi-mobil-mending-beli-mobil-baru-atau-bekas-21168950

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler