HomeBeritaEco Driving Jadi Tema Kopdar Jilid III DGCI Karawang

Eco Driving Jadi Tema Kopdar Jilid III DGCI Karawang

Penulis : Arif Hakim Wijayadi (NIA 3146)

 

“Kekeluargaan kami memang ngga ada matinya”, sepertinya jargon tersebut ingin ditunjukkan oleh member DGCI chapter Karawang. Setelah sebelumnya sukses dengan gelaran kopdar Home to Home-nya, kali ini kembali acara bertajuk “Kopdar Jilid III” yang diadakan di Pantai Wisata Samudra Baru, Karawang jadi gelaran yang sekaligus sebagai ajang promosi wisata di Kabupaten Karawang. Kali ini DGCI Karawang mengangkat tema Eco Driving, tentang bagaimana teknik mengemudi yang efisien.

Sponsor

Keseruan acara sudah dirasakan sejak pagi hari, dimulai dengan berkumpul di lokasi titik kumpul (tikum) yang telah ditentukan, hingga tiba di lokasi kopdar yang kurang lebih berjarak 40 km.

Pagi itu, Minggu, 7 Mei 2017, satu per satu peserta beserta keluarganya mulai berdatangan di tikum halaman parkir Charles Business Center (CBC), Karawang. Sampai dengan batas waktu jam 09.00, peserta mulai untuk konvoi yang diikuti sekitar 39 kendaraan (KR). Setelah briefing singkat dari panitia (om Ade dan om Rudy), meliputi penentuan rute, petugas Road Captain (RC) dan Sweeper (SW), konvoi dimulai menuju lokasi kopdar. Selama konvoi, peserta harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan menghargai pengguna jalan lainnya, serta tetap menjaga keselamatan berkendara. Rute yang dilalui sangat memanjakan pandangan, melewati area persawahan Karawang nan hijau, sungai-sungai irigasi di tepian jalan, perkampungan yang asri, hingga rute berdebu khas pantai dengan kolam tambak di kanan kirinya.

Setiba di lokasi, acara dimulai dengan ramah tamah antar peserta dan keluarganya, di salah satu resto yang sudah dipesan panitia sebelumnya. Ada acara sambutan panitia, perkenalan member baru, dan pembukaan diskusi mengenai eco driving.

Break acara untuk sholat Duhur berjamaah dilanjutkan makan siang dengan menu ala sea food yang telah disediakan oleh panitia. Sebagian biaya makan siang ditanggung oleh panitia dari uang kas bulanan, dan disinilah manfaat iuran kas bulanan dirasakan oleh para member dan keluarganya.

Diskusi mengenai eco driving dilanjutkan setelah makan siang dan dipandu oleh om Ario, salah satu pengurus DGCI Karawang. Diskusi berjalan seru, saat om Ario memaparkan mengenai tips menghemat konsumsi bahan bakar. Mengemudi yang efisien sangat dibutuhkan keterampilan mengemudi dengan meminimalkan kondisi gesekan pada mesin. Ada beberapa kondisi gesekan pada mesin yang memengaruhi konsumsi bahan bakar, yaitu rem, kopling, dan gas. Seminimal mungkin gesekan ketiganya dikurangi, misalnya dengan tidak “menggeber” kendaraan pada RPM tinggi, RPM optimal Datsun Go ada pada kisaran 2500 – 3500. Lalu sedapat mungkin hindari cara mengemudi stop and go, terlalu sering menginjak rem dan gas secara spontan, biasanya ini terjadi pada kondisi kemacetan lalu lintas. Lalu yang tidak kalah pentingnya adalah periksa kondisi tekanan angin ban, sesuai dengan ketentuan dari pabrikan.

Setelah diskusi mengenai eco driving, yang tidak kalah serunya adalah acara pembagian doorprize dari lomba penggunaan bahan bakar terefisien yang dimenangkan oleh om Ahend, dengan pencapaian konsumsi rata-rata bahan bakarnya 17.5 km/L yang didapatkan dengan kondisi AC menyala dan penumpang tiga orang. Sebenarnya pemenang lomba efisiensi bahan bakar dimenangkan oleh om Ario dengan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 22.3 km/L, tetapi karena om Ario termasuk dalam tim penilai maka dianggap gugur sebagai peserta lomba.

Lalu lomba mesin terkotor yang dimenangkan oleh om Agus Jabrix, hal ini karena mesin kendaraan om Agus Jabrix dinilai paling kotor dengan angka pencapaian kilometer kendaraannya baru 2000. Lomba kebersihan mesin ini sebagai motivasi bagi para member untuk senantiasa menjaga performa mesin selalu prima dengan menjaga kebersihannya

Selain lomba di atas, ada juga lomba-lomba yang diadakan oleh panitia untuk mengasah kekompakan peserta, antara lain lomba “aba-aba” dan lomba “holahop”. Semua peserta dalam tim pemenang kebagian doorprize ala kadarnya dari panitia, namun tidak mengurangi keseruan lomba kali ini.

Gelaran kopdar kali ini sangat berkesan buat para peserta.

“Penginnya sih nanti ada acara kopdar di lokasi wisata lainnya di Karawang sekalian memperkenalkan potensi wisata yang ada disini” tutur Kang Watno Messi, salah satu peserta.

Dan seperti acara kopdar biasanya, ada acara penempelan stiker untuk member baru. Harapannya akan ada acara kopdar berikutnya yang lebih seru dan member yang berpartisipasi akan lebih banyak.

Kopdar memang sudah menjadi agenda rutin DGCI chapter Karawang, dengan tujuan menjalin semangat kebersamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan (KPK) ala DGCI, serta ajang berbagi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknis kendaraan, safety driving, dan juga sebagai ajang promosi wisata daerah Karawang.

Acara diakhiri dengan Sholat Ashar berjamaah, berdoa bersama, dan konvoi untuk perjalanan kembali ke rumah masing-masing.

(Panitia Kopdar Jilid III DGCI Chapter Karawang : Rudy Nurul Awaludin, Ahmad Suhendar, Ario Pupito Mukti, Ade Suwanda, Oki Sokipar, Ardi Kurnia, Rusin Hidayat, Isbiyanto)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler