Home Tips dan Trik Cara Mengemudi Hemat di Datsun GO+ Panca

Cara Mengemudi Hemat di Datsun GO+ Panca

Masih ingat dengan iklan Nissan March yang mampu mencatat angka konsumsi BBM hingga 21,8 km/l dengan transmisi manual? Dengan mesin serupa – 1.200 cc 3-silinder – Datsun GO+ Panca pun kembali membuktikan dengan angka 19,9 km/l di rute serupa saat Auto Bild menguji Nissan March di tahun 2010.

Perbedaan perbedaan kedua mobil ini terletak pada program komputer dan rasio gir di transmisi, dimana Datsun GO+ Panca dipersiapkan untuk mengusung 7 orang di dalamnya. Tapi pertanyaannya adalah mungkinkah pengemudi lain menerapkan teknik ini? Ini bocoran dari Auto Bild mengenai cara mengemudi hemat di Datsun GO+ Panca.

Tugas pertama adalah memastikan tekanan angin ban berada pada 35 psi sesuai rekomendasi pabrikan. Lalu gunakan bahan bakar Pertamax atau yang setara dengan RON92 agar komputer tidak perlu memundurkan waktu pengapian saat berakselerasi yang dapat injakan pedal gas semakin dalam.

Sponsor

Asyiknya, pada panel instrumen disematkan panduan untuk melakukan perpindahan gigi. Usahakan untuk mematuhinya sesering mungkin dan menjaga agar momen laju kendaraan tetap terjaga. Karakter mesin 3-silinder yang kuat diputaran rendah membuat hal ini menjadi kian mudah dilakukan.

Tapi saat jalan menanjak atau membawa beban, naikan putaran perpindahan gigi sekitar 500 rpm. Jadi saat gigi satu ke dua, bisa dipindahkan diangka 2.700 rpm, lalu 2 ke 3 dilakukan di 2.500 rpm dan 3 ke 4 di 2.200 rpm.

Tidak kalah penting adalah manfaatkan engine brake sesering mungkin saat melakukan deselerasi. Dengan menggunakan engine brake, otomatis komputer akan memutuskan suplai bahan bakar ke mesin lantaran  putaran mesin akan dipertahankan oleh putaran roda.

Terakhir, adalah sabar saat menyalip. Gunakan momentum saat melakukan overtaking sehingga mesin tak perlu bekerja ekstra. Nah, ini menjadi kunci dari kemampuan si pengemudi sehingga Anda tetap memiliki waktu tempuh yang wajar saat pelesir ke luar kota.

Seperti yang kami lakukan saat pengujian Datsun GO+ Panca bersama PT Pertamina (Persero) ketika perjalanan Jakarta -Yogyakarta. Waktu tempuh kami adalah 11 jam 1 menit dengan jarak 507 km. Hasilnya konsumsi BBM Datsun GO+ Panca mencatat angka 19,9 km/liter dengan kondisi AC hidup dengan 2 orang plus barang bawaan.

Sumber : http://autobild.co.id/Test/Test-Drive/cara-mengemudi-hemat-di-datsun-go-panca

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler