Tips dan Trik

Tanda-tanda Kampas Rem Harus Diganti

Ilustrasi, foto pencariaan google

Tanda-tanda Kampas Rem Harus Diganti

Kampas rem merupakan salah satu komponen paling vital yang dibutuhkan pada setiap kendaraan. Pada kendaraan roda empat kampas menjadi ujung tombak keselamatan di jalanan. Kampas rem berfungsi menghentikan laju kendaraan.

Untuk mengetahui kampas masih tebal dan masih berfungsi dengan baik/tidak, selain membawa ke bengkel resmi, bisa juga dirasakan dan melihatnya secara visual.

Menurut Subhan Azka Ketua Bidang Teknik komunitas Datsun GO+ Community Indonesia (DGCI), jika kampas rem sudah mulai habis itu biasanya dapat dirasakan saat berkendara, baik rem tromol dan diskbrake pun sama-sama bisa diirasakan saat mulai menjalankan mobil.

“Kampas rem terasa ketika menginjak pedal rem, dalam kecepatan tinggi atau kecepatan rendah dapat dirasakan. Pokoknya saat menginjak pedal rem agak terasa dalam tidak seperti biasanya itu salah satu indikator kampas sudah mulai tipis,” ujar Subhan.

Bahkan menurut Subhan, jika kampas rem habis terkadang menimbulkan bunyi berdecit ketika menginjak pedal rem.

Selain itu ada juga kendala lain yang menjadi indikator kampas rem sudah mulai aus. “Biasanya saat menarik rem tangan. Karena ada dua kemungkinan, ketika rem tangan ditarik lebih tinggi bisa juga wirenya sudah melar atau memang kampas rem yang sudah habis,” katanya.

Untuk melihat secara visual Subhan menambahkan, kalau diskbrake bisa dilihat dari sela-sela kaliper, bisa melihatnya saat mobil dalam kondisi parkir dan coba mengintipnya dari celah velg. Untuk yang tromol, bisa lepas dulu rodanya lalu mendongkraknya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terpopuler

DGCI adalah wadah berkumpulnya pengguna mobil Datsun GO dan GO+ di Indonesia.

Get it on Google Play

Copyright © 2014 - 2017 Datsun GO+ Community Indonesia

To Top
WhatsApp chat Chat via Whatsapp

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co