Tips dan Trik

Tips Darurat Mengahadapi Mobil Bermasalah di Jalan

Beberapa kendaraan anggota DGCI Jabodetabek saat mengikuti acara PERTALITE & PERTAMAX, Mudik Hebat Hemat Selamat, Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Minggu (18/06). (Foto: Andrew Gustaviano)

Tips Darurat Menghadapi Mobil Bermasalah di Jalan, tips ini bersifat sementara sampai anda menemukan bengkel terdekat :

  1. Radiator Bocor, bila radiator bocor atau retak, bisa ditempel dengan sabun mandi batangan. Parut langsung ke bagian yang bocor atau masukkan telor mentah ke dalam radiator yang sudah dipanaskan lebih dahulu. Jalankan mobil tanpa tutup radiator terpasang, sambil memantau air radiator.
  2. Belt Putus, bisa menggunakan potongan kaos yang dipintal menjadi tali, ukurannya dibuat lebih kecil dari ukuran aslinya, agar tali dapat mengencang.
  3. Sekring Putus, beri kawat serabut, isi kabel 2 helai, lalu lilitkan antara terminal (logam) yang satu dengan yang lainnya.
  4. Lampu Besar (depan) Mati, bila penyebabnya relay mati, by-pass kan listrik relay langsung, cabut relay, lalu terminal nomor 30 diberi kabel langsung ke nomor 87.
  5. Wiper Mati, bila hujan akan sangat menggangu, oleskan sabun ke seluruh permukaan kaca bagian luar, agar air dapat mengalir turun lebih cepat.
  6. Tangki BBM Bocor, sumbat tangki atau tambal dengan sabun mandi batangan.
  7. Slang Radiator Bocor Sobek kecil, lilitkan bagian bocor tadi dengan karet ban dalam atau selotip besar (lakban). Ingat, lakukan dalam keadaan kering.
  8. Drat Mur Roda Rusak, beri potongan seng dari kaleng soft drink lalu masukkan ke dalam lubang mur, lalu kencangkan dengan perlahan dan jangan terlalu keras.
  9. Rem Tiba2 Blong, lepas gas perlahan, masukkan gigi perlahan berurutan pada gigi rendah. bantu dengan rem tangan. Jika keadaan mendadak, masukkan gigi transmisi pada posisi satu, lalu matikan mesin. Ingat kunci jangan diputar penuh ke belakang karena setir pasti mengunci.
  10. Oli Power Steering Habis, gunakan minyak goreng atau jika terpaksa oli mesin (untuk sementara). Setelah digunakan langsung kuras dan jangan lupa diganti dengan oli power steering.
  11. AC Mati di Kala Hujan, gunakan pasta gigi, kemudian olesi permukaan seluruh kaca bagian dalam. Karena pasta gigi mengandung menthol, maka kaca bagian dalam akan menjadi dingin dan tidak berembun.
  12. Kabel Kopling Putus, biasanya putus di bagian ujung, lipat ujung kawat lalu ikat dengan kawat.
  13. Mesin Overheat, biarkan dingin terlebih dahulu beberapa jam, lalu buka tutup radiator. Hidupkan mesin dan beri air pada radiator. Jangan langsung beri air pada saat mesin mati, ini dapat menyebabkan blok mesin retak.
  14. Busi Mati, pecahkan insulator bagian dalam lalu pasang kembali.
  15. Kabel Busi Putus, kupas kedua ujung kabel dengan kawat bagian tengah kabel lalu satukan, beri isolasi kabel pada sambungan.
  16. Rem Macet, disebakan piston kaliper kotor dan tidak kembali pada posisi semula. Kendurkan master rem atas depan di depan boster, lalu ganjal agar master tidak bergerak, cara ini dapat mengurangi tekanan pada rem.
  17. Pecah Ban Saat Jalan, pertahankan arah dengan memegang setir dengan pasti, kemudian lakukan deselerasi secara halus, jangan injak rem, kemudian setelah dapat dikendalikan baru injak rem dengan bertahap.

* Taken from various sources

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terpopuler

DGCI adalah wadah berkumpulnya pengguna mobil Datsun GO dan GO+ di Indonesia.

Get it on Google Play

Copyright © 2014 - 2017 Datsun GO+ Community Indonesia

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co