Home Berita 11 : Kirab Panji Nusantara DGCI Hadir di Provinsi Gorontalo

11 : Kirab Panji Nusantara DGCI Hadir di Provinsi Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang lahir pada 5 Desember 2000. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi, provinsi ini menjadi provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal pula dengan julukan “Kota Serambi Madinah”.

Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Provinsi Gorontalo memiliki 6 Dati II yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwatu.

Kontur tanah Provinsi Gorontalo sebagian besar adalah perbukitan. Oleh karenanya provinsi ini mempunyai banyak gunung dengan ketinggian yang berbeda-beda. Gunung Tabongo yang terletak di Kabupaten Boalemo merupakan gunung yang tertinggi sedangkan Gunung Litu-Litu yang terletak di Kabupaten Gorontalo adalah yang terendah.

Di samping mempunyai banyak gunung, Provinsi Gorontalo juga dilintasi oleh banyak sungai. Sungai terpanjang adalah Sungai Paguyaman yang terletak di Kabupaten Boelemo dengan panjang aliran 99,3 km. Sedangkan sungai terpendek adalah Sungai Bolontio dengan panjang aliran 5,3 km yang terletak di Kabupaten Gorontalo Utara.

Sponsor

Kirab Panji Nusantara DGCI kali ini telah memasuki etape ke sebelas dan singgah di DGCI Chapter Gorontalo. Gelaran Kirab Panji Nusantara DGCI di Provinsi Gorontalo ini terasa istimewa karena dilakukan dengan mengelilingi seluruh Kabupaten dan Kota yang ada serta dilaksanakan dengan durasi selama 2 hari (Sabtu – Minggu, 8 – 9 Juli 2017). Dimulai dari Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan berakhir di Kabupaten Pohuwatu.(aa0003)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler